Sabtu, 22 September 2012

Sejarah Komputer part 9

Posted by Unknown on 08.04



1 5.      Komputer generasi ke 5 ..
       
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey.

HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:
  • Mengguakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor
  • Peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia.
  • Fungsi komputer menjadi lebih cerdas dan memiliki kemampuan yang semakin canggih..
  • Fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana
Dan inilah contoh gambaran komputer untuk masa depan :
        
Dengan teknologi komputer yang ada saat ini, agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan. Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”. Dari sisi teknologi beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputer yang akan datang. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.


Teknologi memang tidak akan pernah berhenti untuk berkembang dan berinovasi. Sejak pembuatan komputer pertama hingga sekarang terus menerus berinovasi secara cepat yang memang ditujukan untuk memudahkan kehidupan manusia slanjutnya yng lebih modern lagi.
Salah satu dari inovasi yang baru saja dibuat adalah bagaimana membuat hal yang virtual di dunia maya dihidupkan di dunia nyata.

Komputer memang tak pernah habis untuk dibahas,ada-ada saja ide baru dari berbagai pengembang untuk membuat suatu penemuan demi menghasilkan suatu penemuan yang sangat luar biasa bagi para pengguna teknologi.Untuk itulah komputer masa depan dirancang dengan sangat luar biasa sehingga menarik peminat pecinta komputer di seluruh negara ini.Komputer masa depan ini drancang dengan efisien serta fleksibilitas tinggi sehingga mudah dibawa kemana- mana sesuai kebutuhan pengguna.

Fitur 3D akan menjadi fitur dari komputer masa depan ini,fitur 3D ini ialah tampilan grafis yang memiliki dimensi sendiri sebagai bagian dari hasil pemberian efek cahaya yang memberikan hasil yang lebih nyata.kita pasti sudah pernha menonton film yang menggukan fitur 3D bukan???yang membuat kita menjadi seakan akan menjadi bagian dari film tersebut,hal inilah yang menjadi dasar dari komputer masa depan ini.

Selain faslitas 3D, komputer masa depan ini dilengkapi dengan beberapa fitur lain nya yakni:
-Hanya dengan bantuan sinar matahari komputer masa depan ini tidak perlu melakukan isi ulang baterai dengan charger.
-Kompter masa depan mungkin juga dilengkapi dengan berbagai macam sensor,yakni sensor panca indra atau juga sensor mood bagi pengguna komputer.

-Serba efisien dan fleksibel,selain  itu masih banyak rancangan-rancangan dan ide ide yang lebih fantastis yang akan dilakukan oleh banyak pengembang di dunia teknologi saat ini untuk memulai sebuah rencana bagi komputer masa depan.
Kemungkinan Komputer Masa Depan

Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan.

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site